Jumat, Agustus 29, 2008

Situasi Pendidikan

A. Situasi Pendidikan
  • Situasi pendidikan merupakan kondisi yang ditandai dengan adanya sejumlah kandungan pokok yang terdapat pada kegiatan pendidikan yaitu adanya peserta didik, penndidik, dan tujuan pendidikan, yang ketiganya terintegrasi melalui proses pembelajaran.
  • Dari makna situasi pendidikan tersebut, akan timbul peristiwa pendidikan. Peristiwa pendidikan hanya akan terjadi apabila situasi itu tumbuh dan berkembang melalui teraktualisasikannya kondisi tertentu di dalam relasi kedua belah pihak yang berhubungan itu. Relasi kedua belah pihak itu adalah antara pendidik dan peserta didik. Kondisi ini terjadi baik pada kondisi formal maupun non formal.

B. Situasi Lainnya

  • Pada situasi permainan, konteks seorang pendidik dan peserta didik itu juga sering muncul, karena di antara kedua belah pihak teraktualisasi kondisi satu pihak belum bisa dan pihak lain mengajarinya.
  • Demikian juga pada situasi pertemanan. Namun dalam situasi pertengkaran sering dijumpai konteks hubungan antara dua pihak manusia yang justru menimbulkan situasi yang bertentangan atau menyimpang dengan makna tujuan pendidikan itu sendiri, sekali pun kadang-kadang dari situasi pertengkaran itu, kedua-belah pihak yang terlibat dapat mengambil pendidikan seperti perlunya saling menghargai, kerjasama, dan lain-lain.
lengkap

0 komentar:

Created By SoraTemplates | Distributed By MyBloggerThemes