Rabu, Agustus 13, 2008

ARTI DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

A. Arti pendidikan islam
1. menurut Drs. Ahmad D Marimba
pendidikan islam, yaitu bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hokum-hukum agama islam menuju terbentunknya kepribadian utama menurut ukuran islam. Dengan pengertian lain, seringkali beliau menyatakan kepribadian utama dengan istilah keprbadian muslim, yaitu kepribadian yang memiliki nilai-nilai agama islam, memilih, dan memutuskan serta berbuat berdasarkan nilai-nilai islam, dan bertanggung jawabsesuai denmgan nilai-nilai islam.

2. menurut Drs. Burlian Somad
pendidikan islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk individu menjadi makhluk yang bercoran diri, berderajat tinggi menurut ukuran Allah dan isi pendidikannya adalah mewujudkan tujuan itu, yaitu ajaran Allah secara terperinci, beliau mengemukakan”pendidikan itu disebut pendidikan islam apabila memilki dua cirri khas, yaitu
a. tujuannya membentuk individu menjadi bercorak diri tertinggi menurut ukuran Al-Qur’an
b. isi pendidikannya adalah ajaran Allah yang tercantum dengan lengkap di dalam Al-Qur’an yang pelaksanaannya di dalam praktek hidup sehari-hari sebagaimana yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW.
3. hasil seminar pendidikan islam se-Indonesia tanggal 7 samapai dengan 11 Mei 1960 di cipayung bogor. “ pendidikan islam adalah bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran islam dengan himah mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh, dan mengawasi berlakuanya semua ajaran islam”.


Dengan uraian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pendidikan islam ialah bimbingan dilakuakn oleh seseorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memilki kepribadian muslim.
Syariat islam tidak dapat dihayati dan diamalkan kalau hanya diajarkan saja, tetapi harus dididik melalui proses pendidikan. Nabi telah mengajarkan untuk beriman dan beramal serta berakhlak baik sesuai dengan ajaran islam dengan berbagai metode dan pendekatan. Dari satu segi kita melihat bahwa pendidikan islam itu lebih banyak ditujukan pada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal p[erbuatan. Baik dalamn segi keperluan diri sendiri maupun orang lain. Pada segi lain pendidikan islam tidak hanya bersifat teoritis saja, tetapi juga praktis. Ajaran islam tidak membedakan antara iman dan amal sholeh. Oleh karena itu pendidikan islam sekaligus merupakan pendidikan iman dan pendidikan amal. Dalam praktiknya hendaklah dilakukan secara bersamaan, karena setiap segala sesuatu memiliki dasar yang benar-benar diatur oleh islam, contohnya sekarang dalam bidang ekonomi, dalam islam mengatur dengan jelas bagaimana dasar-dasar ekonomi islam pada hakiaktnya. Dan karena ajaran islam berisi tentang ajaran yang menuju pada kesejahteraan hidup maka pendidikan islam adalah merupakan pendidikan individu dan masyarakat.s


B. Tujuan Pendidikan Islam
Tujuan adalah sasaran yang akan di capai oleh seseorang atau kelompok orang yang melakukan suatu kegiatan, karena itu, tujuan ilmu pendidikan islam, yaitu sasaran yang akan dicapai oleh seseorang atau kelompok orang yang melaksanakan pendidikan islam.
1. menurut Drs Ahmad D. Marimba, fungsi tujuan itu ada 4 macam, yaitu:
a. mengakhiri usaha
b. mengarahkan usaha
c. merupakan trik pangkal untuk mencapai tujuan-tujuan lain, baik tu8juan-tujuan baru maupun tujuan-tujuan lanjutan dari tujuan pertama.
d. Memberi nilai (sifat) pada usaha-usaha itu

Sehubungan dengan itu maka tujuan mempunyai arti yang penting bagi keberhasilan sasaran yang di inginkan, arah atau pedoman yang harus di tempuh, serta sifat dan mutu kegiatan yang dilakukan, karena itu kegiatan yang tanpa tujuan, menyebabbkan sasarannya akan kabur, akibatnya program dan kegiatan tersebut menjadi acak-acakan.

2. menurut imam Al-Ghazali, tujuan pendidikan yaitu pembentukan insane paripurna, baik di dunia maupun di akhirat. “manusia dapat mencapai kesempurnaan apabila berusaha mencari ilmu dan selanjutnya mengamalkan fadilah melalui ilmu pengetahuan yang dipelajarinya.


Dari penjelasan di atad dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan pendidikan ini adalah membina insane paripurna yang takarrub kepada Allah, bahagia di dunia dan akhirat. Tidak dapat dilupakan pula orang yang raji9n mengikuti pendidikan akan memperoleh kelezatan ilmu yang dipelajarinya dan kelezatan ini pula dapat mengantarkan pada pembentukan insane paripurna.

Tidak ada komentar: